Home news Grow Up Bisnis Dengan Layanan Customer Service

Grow Up Bisnis Dengan Layanan Customer Service

96
0
BAGIKAN BERITA :
Customer Service

MajalahStartup.com – Petuah bijak mengatakan, ‘mempertahankan jauh lebih sulit dari pada membangun’, kiranya petuah tersebut benar adanya. Apalagi dalam bisnis, mempertahankan loyal konsumen terasa sulit. Konsumen dengan berbagai tipikal dan karakter tentunya harus disikapi dengan bijak agar mereka bisa kembali deal dengan produk yang anda tawarkan.

Bisnis yang baik tentunya dengan grafik pertumbuhan meningkat dari hari ke hari, bulan ke bulan, serta dari tahun ke tahun. Adakah sebuah perusahaan yang demikian? Jawabannya banyak, tentunya tak mudah meningkatkan grafik penjualan ke arah meningkat.

Grow Up Bisnis Dengan Layanan Customer Service

Perlu kerja keras dan kemauan lebih dalam memasarkan produk maupun melayani konsumen. Dalam hal melayani konsumen, mungkin tips ini bisa menjadi inspirasi untuk anda semua, yaitu dengan layanan customer service.

Ujung Tombak Perusahaan

Selain sales, tentunya ujung tombak perusahaan adalan customer service (CS). Pekerjaan ini jangan dianggap sebelah mata, karena dari devinisinya sendiri customer service yaitu interaksi antara penjual dengan customer sebelum, selama, dan setelah pemesanan barang.

Tentunya keahlian CS dalam menangani, menanggapi, menekankan, dan memaparkan sebuah produk menjadi penting. Proses kritis seorang pembeli adalah pada tahap sebelum membeli. Banyak pertanyaan dan perbandingan yang ada dalam benak pembeli. Disinilah CS berperan untuk menekankan bahwa produknya patut untuk dibeli.

Customer Service yang Baik

Exellent Service

Tak bisa dipungkiri bahwa pelayanan prima menjadi kunci utama CS. Pelayanan pelanggan akan baik jika dalam diri CS memiliki jiwa melayani yang baik.

Pelayanan prima terlihat dari kecepatan ia merespon pembeli, memaparkan dengan jelas dan padat tentang produk yang ia jual.

Sapaan

Sapaan bagi seorang CS ke pembeli jangan dianggap remeh. Sapaan dengan menggunakan nama akan lebih baik dengan menggunakan sebutan. Jika seorang CS tahu nama dari pembeli maka ujarkan dengan sebutan nama tersebut.

Baca Juga :  Hati-Hati Menggunakan VPN Di Negara Ini

Contoh, selamat pagi pak Irwan, selamat datang pak Budi, dan sebagainya. Jika memungkinkan sematkan title atau gelar yang menyertainya. Awas, penyematan gelar yang wajar adanya. Pengujaran gelar yang tidak wajar malah terkesan akan merendahkan.

  • BenarSelamat datang Prof. Josdi atau Selamat pagi dr. Ilham.
  • SalahSelamat datang Pak Irwan, SH, SE, MM,.

Perhatian

Seorang CS juga wajib melakukan sebuah perhatian kepada klien. Perhatian yang dimaksud yaitu dengan cara mendengarkan apa yang dimaui oleh customer. Perhatian berlebihan akan menimbulkan kesan tidak baik. Jadi sewajarnya saja, berikan kesan hangat keluarga dalam melayani.

Kejelasan Komunikasi

Artikulasi komunikasi akan sangat memperngaruhi dalam pelayanan konsumen. Apalagi jika CS menggunakan media telepon dalam meng-handle konsumen. Tingkat kejelasan berbahasa sangatlah penting disini, sehingga kerapatan dan kecepatan antar kalimat menjadi amat penting.

Itulah tips memaksimalkan customer service agar penjualan produk dalam perusahaan anda semakin meningkat.

Silakan berkomentar untuk berbagi dengan pengunjung yang lain.

Share URL
https://goo.gl/t1SKOT

 

LEAVE A REPLY