Home news 5 Tips Sukses Jualan Online Via Media Sosial

5 Tips Sukses Jualan Online Via Media Sosial

95
0
BAGIKAN BERITA :
5 Tools Bisnis Gratis ini Bisa Jadi Asisten Anda

5 Tips Sukses Jualan Online Via Media SosialMajalahStartup.com – Jualan online sudah tidak bisa dipisahkan dari para pebisnis di era sekarang. Ribuan produk digital dan aplikasinya akan lebih menunjang dalam pemasaran produk maupun jasa.

Namun, satu fasilitas yang cukup penting untuk dicermati yaitu dengan hadirnya berbagai media sosial yang ada. Diantaranya Facebook, Twitter, Pinterest, Google Plus, Instagram, dan banyak media sosial lainnya.

Disini, media sosial memberikan dampak yang cukup potensial untuk menjadi calon konsumen. Maka tak jarang banyak dari penjual online yang memanfaatkan fitur media sosial sebagai tempat jualan online.

Kelebihan lainnya dari media sosial yaitu penjual tanpa harus repot-repot membeli domain dan hosting untuk membuat sebuah website. Facebook salah satu contoh media sosial yang cukup revolusioner dengan menghadirkan fitur online shopping pada Fans Page nya. Hal ini sangat bermanfaat sekali bagi para onlinepreneur untuk melisting aneka produk dan dagangannya.

Namun, seberapa efektif sih media sosial untuk melakukan transaksi penjualan. Inilah artikel yang akan membahas 5 tips sukses jualan online via media sosial. Yuk simak pembahasannya.

5 Tips Sukses Jualan Online Via Media Sosial

5 Tips Sukses Jualan Online Via Media Sosial

Nama Profile Page

Coba kreatiflah sedikit jika anda akan berjualan di media sosial. Pemakaian nama diri di media sosial sangat penting. Tips nya yaitu pakailah nama jualan anda. Contoh jika anda berbisnis “sepatu anak” maka pakailah nama “sepatu anak” dalam profile page anda.

Apalagi jika anda sudah mempunyai website, maka langkah terbaik yaitu dengan nama domain anda dijadikan sebagai nama profile page di halaman sosial media.

Hal ini akan berpengaruh nantinya, ketika anda berkomentar di status teman yang anda bidik. Nama bisa mengingatkan seseorang dengan mudah apa yang anda jual. Pastikan nama proile sosial media anda adalah nama brand produk yang dijual.

Perbanyak Teman

Memperbanyak teman di sosmed terbilang mudah, di Facebook misalnya, anda tinggal menekan tombol Add Friend yang diinginkan. Maka akan dengan sendirinya pengiriman request teman akan tertuju pada calon teman tersebut.

Carilah teman sesuai dengan segmentasi market yang anda bidik. Pakai graph tools yang akan membantu anda dalam menfilter banyak teman tersebut. Misalnya saja sesuai dengan jenis kelamin, umur, hobi, domisili, dan sebagainya.

Banyaknya teman maka akan terbuka lebar prospek calon konsumen yang nantinya akan dibidik menjadi konsumen loyak di kemudian hari.

Baca Juga :  LocalStartupFest 2017 Pertemukan Para Startup Dengan Partner dan Investor

Teknik Broadcast 

Setelah statistik riset tersebut sudah anda pastikan, langkah berikutnya yaitu dengan memperkenalkan diri bahwa anda adalah seseorang yang mempunyai sebuah produk.

Jangan terlalu masif dalam hal memperkenalkan diri sebagai penjual. Intinya jalankan fungsi ini dengan baik dan proporsional.

Setelah itu, anda bisa melakukan broadcast di setiap kontak teman anda di media sosial. Bisa dengan pesan, mansion, tag, dan email.

Ingat cara terbaik dalam membroadcast yaitu dengan cara-cara yang dirasa bermanfaat di mata calon konsumen anda. Misalkan anda berjualan “lulur kosmetik”. Cara yang bisa anda pakai dalam membroadcast adalah dengan kata-kata sebagai berikut :

“Hai sudah tahu belum, ini lho 5 buah yang bisa membuat kulit anda telihat cerah”

Dengan cara mencantumkan link website yang membahas tentang kulit. Selanjutnya diikuti dengan penawaran produk “lulur kosmetik” yang anda jual tersebut.

Cara ini cukup ampuh karena terkesan tidak berjualan, tapi memberikan informasi yang sangat bermanfaat.

Intens Online

5 tips sukses jualan online via media sosial lainnya yaitu konsisten online di media sosial. Update status dengan hal-hal yang menarik perhatian. Contohnya :

“para cewek, hati-hati dengan cowok tipe ini ya”

Seperti biasa, cantumkan link sesuai topik pembahasan tersebut.

Selain itu, rajinlah mengkomentari setiap postingan yang ada pada teman anda. Dengan demikian promosi pada setiap status teman tersebut bisa menggiring calon lainnya untuk mengklik profile anda.

Fast Respon

Kecepatan dalam merespon pembeli, penanya, atau siapa saja yang berinteraksi di media sosial adalah kunci penting. Pembeli akan lebih menyukai penjual yang responnya cepat. Maka pembeli akan menakar sebuah pelayanan prima dari sang penjual.

Tulis dan balas komentar, pesan, maupun invite lainnya dengan cepat agar lebih mudah bagi calon konsumen jika ada yang akan di tanyakan.

Itulah 5 tips sukses jualan online via media sosial, memang tips tersebut tidak serta merta melambungkan nilai omzet penjualan anda. Akan tetapi, minimal dengan melakukan trik tersebut, anda akan lebih ahli dalam berbisnis dan jualan di media sosial.

Sialakan berikan komentar anda mengenai 5 tips sukses jualan online via media sosial tersebut di kolom komentar di bawah ini.

 

Labels :

  • Instagram/bidiknama
  • tips berjualan majalah di media sosial

LEAVE A REPLY