Home news Mau Coba? Buku Virtual Pertama di Indonesia

Mau Coba? Buku Virtual Pertama di Indonesia

73
0
BAGIKAN BERITA :
Buku Virtual Pertama di Indonesia
Sumber Gambar : metrotvnews.com

MajalahStartup.com – Apakah anda gemar membaca? atau mungkin sebagian dari anda adalah seorang yang kutu buku. Memang trend membaca di kalangan masyarakat kita cukup rendah jika dibandingkan dengan negara tetangga, Singapore, misalnya.

Sperti yang di lansir Kompas.com menurut studi “Most Littered Nation In the World” yang diprakarsai oleh Central Connecticut State Univesity pada Maret 2016 lalu, peringkat Indonesia menduduki posisi buncit, yaitu ke 60 dari 61 negara yang di teliti.

Buku Virtual
Sumber Gambar : metrotvnews.com

Minimimnya minat baca di kalangan masyarakat Indonesia tak membuat gentar buku Man’s Defender untuk memberikan sebuah inovasi baru dalam dunia pustaka tersebut.

Baru-baru ini Bobby Arthawan dan kawan-kawan seperti yang di lansir Metrotvnews.com membuat terobosan baru dalam dunia baca di indonesia. Dengan memanfaat teknologi digital, mereka membuat buku virtual pertama di Indonesia. Ia mengungkapkan bahwa kekecewaan yang di alami banyak orang di Indonesia yang pernah membaca sebuah novel kemudian menonton film yang di buat dari novel tersebut adalah imajinasi pada setiap orang berbeda-beda.

Karenanya ketika anda mendapatkan sebuah gambaran film yang dibuat oleh sebuah industri perfilman berbeda dengan apa yang anda bayangkan sewaktu membaca novelnya, maka anda pastinya kecewa.

Nah, untuk memupus kekecewaan tesebut buku VR ini diluncurkan. Tujuannya yaitu menyamakan persepsi antara pengarang dengan pembaca. Namun demikian pembaca diberikan kebebesan dan keleluasaan untuk berimajinasi sendiri secara lebih jauh.

Novel Man’s Defender sendiri merupakan sebuah karya novel yang mengintegrasikan dengan sebuah aplikasi teknologi. Novel ini sudah tersedia di Scoop. Namun versi cetaknya kemungkinan besar akan terbit pada medio Maret 2017.

Untuk memperlihatkan mekanisme versi virtualnya, Team Man’s Defender menggunakan HTC Vive. Pengguna pada awal membaca akan di arahkan untuk memberikan nama maupun tempat. Selanjutnya ketika pengguna menyebutkan, misalnya pantai, maka secara otomatis teks akan muncul ke bawah yang diiringi dengan narasi.

Baca Juga :  Samsung Pay Ramaikan Pasar Malaysia

Menarik bukan? Sudah coba aplikasi buku virtual pertama di Indonesia tersebut? Semoga dengan adanya inovasi dalam dunia digital, khususnya pada karya buku, sastra, maupun novel dapat mendongkrak minat masyarakat dalam membaca. Inovasi-inovasi lanjutkan pelu untuk dikembangkan agar lebih dicintai dan menjadi tren positif di masyarakat.

Share URL
https://goo.gl/WsZnN2

LEAVE A REPLY